Sabtu, 15 Maret 2014

Contoh Perbandingan Karya Sastra

PERBANDINGAN CERITA RAKYAT DALAM BAHASA INDONESIA DENGAN CERITA RAKYAT DALAM BAHASA SUNDA
(Cerita Kancil dan Kura-kura dengan Cerita Monyét jeung Kuya)
Cerita rakyat merupakan sebuah karya sastra, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Sunda. Kedua cerita dalam bahasa tersebut dapat dibandingkan untuk memperoleh salah satu nilai dari sebuah karya sastra.  Kedua cerita tersebut ketika dibandingkan memiliki keistimewaan, keunikan, karakter dan pesan moral yang sangat tinggi. Misalnya kenyataan tersebut terdapat dalam cerita Kancil dan Kura-kura yang disajikan dalam bahasa Indonesia dengan cerita Monyét jeung Kuya yang tersaji dalam berbahasa Sunda. Kedua cerita tersebut mempunyai nilai-nilai yang baik dan menarik ketika diperbandingkan.
            Adapun mengenai cerita “Kancil dan Kura-kura” yang disajikan dalam bahasa Indonesia, ringkas ceritanya sebagai berikut;
Seekor kancil dan kura-kura yang sudah lama mereka bersahabat. Pada suatu hari mereka pergi menangkap ikan disebuah danau, dan berjumpalah mereka dengan seekor kijang, lalu mereka pergi bertiga. Sampailah disebuah bukit mereka bertemu dengan seekor rusa, rusa pun ikut bergabung dalam rombongan. Dalam perjalanan, disebuah lembah berjumpalah mereka dengan seekor babi hutan. Babi hutan pun ikut. Setiba di bukit yang berikutnya, berjumpalah mereka dengan seekor beruang. Lalu mereka berenam melanjutkan perjalanannya. Kemudian mereka bertemu dengan seekor badak, lalu bergabung pula seekor banteng. Sampai berikutnya rombongan kancil bertemu dengan seekor kerbau yang akhirnya ikut serta. Begitu pula ketika mereka bertemu dengan seekor gajah. Demikianlah, mereka bersepuluh berjalan berbaris beriringan mengikuti kancil dan akhirnya mereka sampai ke danau yang dituju. Bukan main banyaknya ikan yang berhasil ditangkap. Ikan kemudian disalai dengan mengasapinya dengan nyala api sampai kering.
Keesokan harinya, beruang bertugas menjaga ikan-ikan ketika yang lainnya sedang pergi menangkap ikan. Tiba-tiba seekor harimau dating mendekat. Tak lama kemudian beruang dan harimau terlibat dalam perkelahian seru. Beruang jatuh pingsan dan ikan-ikan habis disantap harimau. Berturut-turut mereka kemudian menugasi gajah, banteng, badak, kerbau, babi hutan, rusa dan kijang,dan semuanya menyerah. Terakhir tinggal kura-kura dan kancil yang belum terkena giliran menunggu ikan. Namun, kura-kura dianggap tidak mungkin berdaya menghadapi harimau, maka diputuskanlah kancil yang akan menjaga. Dengan kecerdikannya, sebelum teman-temannya pergi menangkap ikan, dimintanya mereka mengumpulkan rotan sebanyak-banyaknya.  Lalu masing-masing rotan itu dipotong kira-kira satu hasta. Kemudian rotan tersebut dibuat gelang kaki, gelang badan, gelang lutut dan gelang leher. Sebentar-sebentar kancil memandang ke langit seolah-olah ada yang sedang diperhatikannya. Datanglah seekor harimau dan bertanya, "Buat apa gelang rotan bertumpuk-tumpuk itu?". Jawab kancil, "Siapa yang memakai gelang-gelang ini akan dapat melihat apa yang sedang terjadi di lagit".  Lalu dia menengadah sambil seolah-olah sedang menikmati pemandangan di atas, hingga keinginan harimau untuk dapat juga melihat apa yang terjadi di langit. Lalu dilingkarinya kedua tangan, kedua kaki dan leher harimau dengan gelang-gelang rotan sebanyak-banyaknya sehingga harimau tidak dapat bergerak lagi.
Setelah dirasa cukup, rombongan si kancil berniat kembali pulang ke rumah, akan tetapi mereka bertengkar mengenai bagian masing-masing.  Bahkan mereka berpendapat, siapa yang berbadan besar akan mendapatkan bagian yang besar pula. Lagi-lagi dengan kecerdikannya, tiba-tiba melompatlah kancil dan memberi tanda ada marabahaya. Semuanya ketakutan dan terbirit-birit melarikan diri. Ada yang jatuh tunggang langgang, ada yang terperosok ke lubang dan ada pula yang tersangkut akar-akar.  Salaipun mereka tinggalkan semua.  Hanya kancil dan kura-kura yang tidak lari.  Berdua mereka pulang dan berjalan berdendang sambil membawa bungkusan yang sarat.
Demikianlah cerita Kancil dan Kura-kura. Kemudian, dalam cerita yang kedua yaitu “Monyét jeung Kuya” yang tersaji dalam bahasa Sunda. Adapun ringkas ceritanya sebagai berikut;
Isuk-isuk sakadang kuya moyan di sisi leuwi. Keur kitu torojol sobatna nyaéta Sakadang Monyét. Sakadang Monyét ngajak Sakadang Kuya ngala cabé di kebon patani. Awalna Sakadang Kuya eumbungeun da Sakadang Monyét mah sok gandéng, tapi kusabab si Monyétna janji moal gandéng deui. Bring Sakadang Monyét jeung Sakadang Kuya téh indit ka kebon patani. Barang tepi ka kebon, katémbong cabé pelak patani geus arasak mani bareureum euceuy. Sup duanana ka kebon. Sakadang Kuya moncor kana pager, ari Sakadang Monyét ngaluncatan pager. Terus baé ngaralaan cabé, didalahar di dinya kénéh.
Sakadang Kuya mani seuhah-seuhah baé ladaeun. Kitu deui sakadang monyét. Keur kitu, pék gorowok téh Sakadang Monyét ngagorowok. “Seuhah lata-lata!” Maksudna mah “seuhah lada-lada”. Terus dicarék ku Sakadang Kuya ulah gandéng tapi Sakadang Monyét henteu ngawaro. Monyét api-api teu ngadéngé. Gorowok deui baé “Seuhah lata-lata!”. Lila-lila sora Sakadang Monyét anu tarik kadéngéeun ku Bapa Tani ti imahna. Bapa Tani gura-giru lumpat ka kebon. Barang nepi ka kebon, katémbong aya monyét jeung kuya keur ngaweswes bari seuhah ngadaharan cabé.
Ngadéngé aya nu ngagebah, gajleng baé Sakadang Monyét ngejat, térékél kana tangkal kai. Sakadang Kuya ngagorowok ménta tulung. Tapi Sakadang Monyét teu maliré, teu ngalieuk-ngalieuk acan, terus lumpat gagalacangan dina tangkal kai. Ari Sakadang Kuya, puguh da teu bisa lumpat, leumpang ngadédod baé. Kerewek baé ditéwak ku Bapa Tani. Kuya dibawa ka imahna, tuluy dikurungan ku kurung hayam. Angkanan Pa Tani, isukan kuya rék dipeuncit.
Peutingna, sakadang Monyét rerencepan ngadeukeutan Sakadang Kuya, nu keur cendekul dina jero kurung. Kusabab manéhna keuheul ka Sakadang Monyét, langsung wé ngarang carita yén manehna majarkeun rék dikawinkeun jeung anakna Pa Tani, padahal mah rék dipeuncit. Sakadang Monyét mah kusabab sarakah, manéhna jadi hayang ngageuntikeun posisina Sakadang Kuya dijeuro kurung hayam nu ké na dek dijanjian dikawinkeun, padahal mah dék dipeuncit. Akhirna Sakadang Monyét asup kana tipu dayana Sakadang Kuya.
Heunteu talangké, Sakadang Monyét ngaluarkeun Sakadang Kuya tina kurung hayam, tuluy dibawa kasisi leuwi. Lung baé Sakadang Kuya téh dialungkeun ka leuwi. Sakadang Monyét buru-buru balik deui ka imah Bapa Tani. Sup baé ngurungan manéh ku kurung hayam. Ngadedempés ngadago-dago beurang, hayang geura buru-buru dikawinkeun ka anak Bapa Tani.
Kocapkeun isukna.
“Ka mana bedog téh? Urang asah,” ceuk Bapa Tani ka pamajikanana.
“Rék naon Bapana isuk-isuk geus ngasah bedog?”
“Itu urang meuncit kuya di pipir.”
Paguneman Bapa Tani jeung pamajikanana téh kadéngéeun ku Sakadang Monyét. Manéhna ngagebeg. Lakadalah, geuning aing téh rék dipeuncit, lain rék dikawinkeun jeung anak Bapa Tani. Rék kabur, geus kagok. Kaburu aya anak Bapa Tani nyampeurkeun. Gancang baé atuh Sakadang Monyét téh papaéhan, ngabugigag kawas bangké.
Barang srog ka dinya, anak Bapa Tani gegeroan ka bapana.
“Bapa! Bapa!”
“Aya naon, Nyai?”
“Ieu geuning nu dina kurung téh lain kuya.”
“Naon Nyai?”
“Monyét, jeung siga nu geus paéh deuih!”
Bapa Tani nu keur ngasah bedog cengkat, tuluy nyampeurkeun ka anakna. Enya baé geuning dina kurung téh aya monyét ngabugigag, lain kuya nu kamari. Kurung dibukakeun, monyét dialak-ilik.
“Naha bet jadi monyét? Jeung paéh deuih.”
“Enya, éta mani geus jeger kitu,” ceuk pamajikanana mairan.
Monyét téh dicokot ku Bapa Tani, lung baé dialungkeun jauh pisan. Barang gubrag kana taneuh, koréjat monyét téh hudang, berebet lumpat, kalacat baé naék kana tangkal kai.
                                                (Karya Drs. Budi Rahayu Tamsah, spk.)
Dari kedua cerita tersebut ditemukan mengenai adanya kemiripan cerita, baik dari keistimewaannya, keunikannya, perwatakannya dan pesan moral yang disampaikan oleh pengarang melalui kedua cerita tersebut. Kedua cerita tersebut sangat menarik, meskipun disajikan dalam dua bahasa yang berbeda. Namun, kedua cerita tersebut mempunyai sisi-sisi kesamaan/kemiripan, sebagai berikut.
Dilihat dari keistimewaannya, kedua cerita ini sama-sama istimewa. Cerita ini dapat dibaca dan disampaikan kepada siapa saja dan kalangan apa saja. Kedua cerita ini biasanya disampaikan kepada anak-anak, sehingga dengan adanya cerita ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi anak-anak tersebut khususnya, dan umumnya bagi semua kalangan pembaca. Selain itu, kedua cerita tersebut, ketika dibaca sangat menghibur.
Jika dilihat dari bobot dan cara penyajian isi cerita, cerita ini memiliki keunikan tersendiri. Ketika cerita disampaikan dengan bahasa Indonesia mungkin biasa saja, tapi ketika cerita tersebut dikemas dengan memakai bahasa lain, seperti bahasa sunda yang identiknya merupakan bahasa yang kaya akan ragam bahasa di dalamnya. Mungkin ketika cerita seekor Kancil dan Kura-kura disajikan dengan bahasa Sunda akan menjadi lebih menarik lagi. Terutama bagi kalangan anak-anak pedesaan. Kedua cerita tersebut pada dasarnya memberikan sebuah pengajaran yang sama, namun cara penyajian disajikan dengan cerita yang sedikit berbeda, agar penyampaiannya tersebut cukup menarik. Pemilihan diksinya pun sangat bagus untuk sebuah cerita yaitu cukup mudah dipahami dan dimengerti. Dan hal itulah yang menjadi menarik dari kedua cerita tersebut.
Hal lain yang dapat dilihat, yaitu dari perwatakannya. Pada dasarnya kedua cerita ini melibatkan dua tokoh dan dibubuhi dua karakter yang sangat berbeda dan bahkan dapat bertolak belakang/bertentangan . Namun, supaya cerita tersebut menjadi lebih menarik, maka dilibatkanlah tokoh-tokoh lain sebagai pemeran pembantu. Tapi dalam kedua cerita ini ada sedikit perbedaan. Seperti dalam cerita “Kancil dan Kura-kura”, cerita ini hanya dihuni oleh dua tokoh yang berperan penting, yaitu Kancil dan Kura-kura. Namun dalam cerita “Kancil dan Kura-kura” ini mereka keduanya memiliki watak yang sama, mereka keduanya merupakan sama-sama tokoh berkepribadian baik tidak bertolak belakang/bertentangan, tidak seperti pada umumnya. Sedangkan dalam cerita “Monyet jeung Kuya” yang di dalamnya diperankan oleh dua tokoh penting seekor Monyet (Kera) dan seekor Kuya (Kura-kura) dan tokoh lain sebagai pembantu. Kedua tokoh tersebut (Kuya dan Monyet) memiliki dua sifat/karakter yang berbeda, kedua tokoh ini sangat bertolak belakang. Seekor Kuya (Kura-kura), seekor hewan yang kecil, lamban  yang berkarakter suka bergaul dan memiliki kecerdikan yang luar biasa. Sebaliknya seekor Monyet (Kera), seekor hewan yang kuat, besar, pemberani, namun dia tamak dan rakus.
Jika dibandingkan antara kedua cerita tersebut dari satu tokoh pemerannya, dalam dua cerita ini ada satu tokoh yang sama yaitu Kura-kura (Kuya). Tokoh ini terdapat pada kedua cerita tersebut, namun watak dan karakternya tidak berbeda tetapi sama sebagai tokoh yang baik dan cerdik.
Adapun dilihat dari pesan moral dari kedua cerita tersebut, memiliki kesamaan yaitu bahwasannya tidak selamanya orang yang kuat itu akan menang dan yang lemah itu selamanya tertindas, tapi berkat kecerdasan yang tinggi, yang lemah dapat menjadi kuat dan yang ditindas menjadi pemenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar